Assalamualaikum...Wr.Wb... Jika ada postingan kami yang tidak bisa dibuka atau kontennya tidak bisa didownload silahkan komentar di kolom komentar postingan kami. Trima kasih...

Wednesday 12 October 2016

Materi Permainan Sepak Bola

Assalamualaikum...Wr.Wb!
[Media Maya - Mapel Campuran] Sahabat Media Maya kali ini akan kami bagikan tentang Materi Permainan Sepak Bola. Materi ini bersumber dari buku dan dari internet. Semoga Materi Permainan Sepak Bola ini bermanfaat bagi semua. Berikut beberapa bagian dari materi Permainan Sepak Bola ini




A.      SEPAK BOLA
1.    Sejarah Sepak Bola
Pada abad ± 15 M, kala itu terjadi peperangan antara dua bangsa, banyak korban yang meninggal di kedua belah pihak. Mayat–mayat berserakan di mana–mana, badan terpisah dengan kepala. Sengaja atau tidak para serdadu perang itu menendang–menendang kepala mayat yang berserakan itu. Keisengan tersebut menjadi sebuah kebiasaan, para serdadu itu menendang kepala mayat seperti layaknya bermain bola.
Dari peninggalan sejarah kita mengenal beberapa sebutan sepak bola. Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan dinasti Han, sepak bola dikenal dengan istilah tanchu. Di italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Prancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah kemari.
Sampai saat ini nama permainan sepak bola belum jelas dari mana asalnya. Meskipun demikian, permainan sepak bola sangat populer di Inggris. Karena sepak bola mulai berkembang di Inggris maka Inggris diakui sebagai bangsa yang pertama kali mendirikan perserikatan sepak bola yang dinamakan Football Association. Or­ganisasi ini dibentuk pada tahun 1863. Perkembangan sepak bola dari tahun ke tahun mengalami kemajuan sehingga tanggal 21 Mei 1904 dibentuk federasi sepak bola internasional yang dinamakan Federation International de Foot Ball Asssociation (FIFA). Atas prakarsa Julius Rimet maka setiap empat tahun sekali diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola yang dinamakan Julius Rimet Cup atau disebut World Cup.
Perkembangan sepak bola pun terjadi di Indonesia. Persepak­bolaan di Indonesia menunjukkan perkembangan. Oleh karena itu, pada tanggal 19 April 1930 dibentuklah Persatuan Sepak Bola Se­luruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta. Ketua umum PSSI pertama kali dijabat oleh Ir. Suratin Sastro Sugondo. Untuk mengenang jasanya maka mulai tahun 1966 diselenggarakan kejuaraan sepak bola untuk tingkat taruna remaja. Piala yang diperebutkan dina­makan piala Suratin Cup.
2.    Pengertian Sepak Bola
Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan menyepak bola kian kemari yang diperebutkan oleh para pemain untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Semua pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggola badan selain tangan dan lengan, kecuali pada saat lemparan ke dalam area permainan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan seluruh anggota badan, termasuk tangan selama dalam batas garis 16 meter. 
Sepak bola merupakan permainan beregu yang masing-masing regunya terdiri dari 11 pemain. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dengan waktu istirahat 15 menit diantara dua babak tersebut.

Untuk lanjutannya silahkan download di Google Drive
Terima Kasih Atas Kunjungannya Ke Blog "Media Maya"
Judul: Materi Permainan Sepak Bola
Ditulis Oleh BUDIMAN ALI AKBAR
Jika artikel ini berguna untuk anda silahkan copy-paste dengan menyertakan link Materi Permainan Sepak Bola ini. Terima kasih atas perhatiannya. Maaf jika ada kekurangan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar