Assalamualaikum...Wr.Wb... Jika ada postingan kami yang tidak bisa dibuka atau kontennya tidak bisa didownload silahkan komentar di kolom komentar postingan kami. Trima kasih...

Tuesday 22 August 2017

Adab Berpakaian Yang Islami

Assalamualaikum,,,Wr.Wb!
[Media Maya - Islami] kali ini akan kami bagikan tautan Islam tentang Adab Berpakaian dalam Islam, khususnya bagi wanita. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua sehingga bisa diaplikasikan dalam kehudupan sehari-hari. Selamat membaca ...

A. Adab Berpakaian
Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan diridhoi Allah SWT. Maka dari itu setiap segi-segi kehidupan manusia sudah diatur dalam agama Islam ini, salah satunya cara berpakaian.
Dalil berpakaian yang benar dijelaskan di dalam Al-Qur'an surat An-Nur ayat 30-31 tentang menjaga pandangan, kemaluan dan perintah menjaga auratnya kepada siapa saja. Al-Qur'an surat Al Ahzab ayat 59 yang berisi perintah Allah kepada Nabi untuk menutupi aurat istrinya, termasuk perintah ini pun sampai kepada kita sebagai Islam generasi masa kini, serta beberapa hadist pendukung.
Dalam ada do'a-do'anya yang berbunyi :
Do'a berpakaian (memakai pakaian)

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَسْـأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَاهُوَلَهُ,وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ

Alloohumma innii as-aluka min khairihi, wa khairi maa huwa lahu wa a'udzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahu

Artinya : Wahai Tuhanku, berilah aku kebaikan dengan pakaian ini, dan hindarkanlah aku dari kejahatan yang ditimbulkan
 Do'a melepas pakaian 
بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّى اْلأَذَاى وَعَافَانِيْ.
Bismillahil ladzii laa ilaaha illaa huwa
Artinya : Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia 

B. Cara Berpakaian Laki-Laki
  1. Menggunakan pakaian menutupi tubuh, terutama bagian pusar hingga lutut
  2. Berpakaian tidak ketat
  3. Tidak menggunakan perhiasan, justru dianjurkan menggunakan parfum, karena perhiasan laki-laki adalah perhiasan non wujud
  4. Berpakain tidak mencolok
  5. Sebaiknya berpakaian yang bersih, enak diliat dan tidak menimbulkan kecurigaan, serta berpenampilan sopan dan sewajarnya seperti lelaki.
C. Cara Berpakaian Perempuan 
Cara berpakaian wanita dalam islam bisa diliat dalam kitab Fiqih Wanita karangan Ibrahim Muhammad Al-Jamal yang isinya adalah :
  1. Menutupi seluruh badan selain wajah dan kedua telapak tangan. "Hai Asma, sesungguhnya perempuan itu apabila telah sampai umur dewasa maka tidak patut menampakkan sesuatu dari dirinya melainkan ini dan ini, Rasullallah berkata sambil menunjukkan kepada muka dan telapak tangan hingga pergelangannya sendiri" (HR. Abu Dawud dan Aisyah)
  2. Tidak ketat sehingga masih menampakkan bentuk tubuh yang ditutupinya
  3. Tidak tipis sehingga warna kulit tidak bisa dilihat
  4. Tidak menyerupai pakaian laki-laki. "Nabi SAW melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian laki-laki. (HR. Abu Dawud dan Nasa'I)
  5. Tidak berwarna mencolok sehingga menarik perhatian orang
  6. Tidak menyerupai pakaian wanita kafir
  7. Dipakai bukan dengan maksud memamerkannya. "Siapa saja yang meniru-niru perbuatan suatu kaum, berarti dia telah menjadi pengikutnya. (HR. Abu Dawud dan Ahmad).
Terima Kasih Atas Kunjungannya Ke Blog "Media Maya"
Judul: Adab Berpakaian Yang Islami
Ditulis Oleh BUDIMAN ALI AKBAR
Jika artikel ini berguna untuk anda silahkan copy-paste dengan menyertakan link Adab Berpakaian Yang Islami ini. Terima kasih atas perhatiannya. Maaf jika ada kekurangan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar